Kopi Wortel, Sajian ala Hipster

Kopi dan alpukat sudah, kopi dan bunga sudah, apalagi? Kopi dan wortel! Hipster memang tidak pernah kehabisan ide untuk memadukan minuman yang satu ini dengan bahan lain. Kopi alpukat yang disebut avolatte ini sesuai dengan namanya, kopi di atas kulit alpukat. Kopi bunga, memang tidak menuangkan kopi di atas kelopak bunga, hanya kopi yang dicampur dengan bunga edible saja. Sedangkan kopi wortel, yakni kopi di atas kulit wortel.
Dilihat dari bentuknya, kulit alpukat tentu lebih kuat dan tebal jika dibandingkan dengan wortel, mengambil habis dagingnya pun tidak masalah dan kopi yang dituang ke dalam kulit alpukat tersebut tidak akan mudah tumpah. Berbeda dengan wortel yang berkulit sangat tipis dan diperlukan dagingnya untuk menampung cairan ini. Bentuk wortel yang kerucut seperti corong eskrim memang lebih handy, daya tampungnya pun tentu lebih kecil daripada volume wortel tersebut.
Mari lihat sisi positifnya. Pertama, kopi dengan segala manfaat (yang telah dibahas pada artikel-artikel sebelumnya) pada kadar tertentu akan membawa dampak baik bagi tubuh, ini dikombinasikan dengan wortel yang mengandung vitamin A yang juga baik untuk kesehatan mata. Daging wortel yang dipisah dapat dijadikan olahan makanan lain yang juga dapat dijual di toko tersebut, misalnya pie wortel atau makanan ringan lainnya. Pendapatan toko pun ikut meningkat. Selain itu, bagi orang yang kurang suka dengan sayuran, mungkin dengan sajian unik kopi wortel ini dapat menjadi salah satu caranya.
Kemudian sisi negatifnya. Semakin banyaknya konsumen yang memesan kopi wortel ini, maka semakin banyak pula jumlah daging wortel yang harus dimanfaatkan menjadi produk lain, bagaimana jika pembelian antara kopi wortel dan olahan makanan ringan tersebut tidak seimbang? Daging wortel tersebut mungkin akan terbuang sia-sia, karena disimpan di dalam lemari pendingin terlalu lama pun akan mempengaruhi kandungan wortel itu sendiri. Penyajiannya juga membutuhkan latihan, karena desain wortel yang berbeda dengan cangkir sajian standar pada umumnya, yang mana juga akan membuat harganya mahal.
Sebenarnya, tidak masalah mengombinasikan kopi dengan bahan apapun yang juga dapat dikonsumsi. Apalagi di zaman ini, sajian yang sedang trend akan dicari oleh banyak orang yang penasaran mencobanya, hanya untuk mengupload foto yang instagramable, sehingga menjadi lupa nilai penting apa yang ada pada kopi itu sendiri. (Windy)